SERBA SERBI PROFESI GIZI

Di zaman yang semakin modern ini, dimana akses pengetahuan mengenai perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan semakin  mudah didapat, serta  tingkat pendidikan masyarakat yang semakin meningkat, membuat masyarakat semakin kritis di dalam menyikapi pemberian pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan. Nah, sebagai salah satu tenaga kesehatan, profesi gizi tentunya memiliki peran dan tanggung jawab yang cukup besar guna melayani dan memberikan yang terbaik untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, sebagaimana visi Indonesia sehat 2010.
Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini sudah terjadi pergeseran pola / trend penyakit, dari penyakit infeksi ke penyakit degeneratif. Peningkatan pendapatan perkapita dan perubahan gaya hidup-lah yang diduga menyebabkan semakin meningkatkan trend penyakit ini. Selain itu, terdapat pula beban ganda masalah  gizi, yakni maraknya kasus gizi lebih (obesitas) di tengah-tengah masih banyak ditemuinya kasus gizi buruk. Sungguh ironis memang…Lalu apa yang dapat kita lakukan sebagai seorang yang professional di bidang gizi, untuk membantu mengatasi masalah-masalah tersebut?

Sebagai salah satu contoh, saat ini program studi gizi kesehatan Fakultas Kedokteran UGM tengah melaksanakan program pendidikan profesi gizi (dietetic internship) bagi lulusan S-1 Gizi Kesehatan (lulusan S-1 dengan gelar sarjana S.Gz alias sarjana gizi). Pendidikan profesi gizi ini mirip dengan ko-ass –nya pendidikan dokter, pendidikan ners-nya sarjana keperawatan, dan pendidikan apotekernya sarjana farmasi. Tujuan umum dari pendidikan profesi gizi ini adalah untuk menghasilkan tenaga profesi gizi yang beragama dan mampu mengamalkan kemampuan profesi secara baik dan manusiawi, berdedikasi tinggi terhadap profesi dan klien, dan tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi penanganan gizi.  Tujuan bidang materi dan kompetensi serta proses pembelajaran untuk mencapai tujuan tersebut terbagi dalam 3 kelompok kompetensi bidang pembelajaran yaitu Bidang Gizi Klinik, Bidang Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan dan Bidang Gizi Masyarakat.

Sebagai gambaran, mahasiswa profesi gizi tentunya akan memerlukan pengalaman dan ketrampilan yang didapatkan di lahan praktek, yang meliputi rumah sakit untuk melakukan asuhan gizi klinik bagi pasien/klien dan mengelola kegiatan penyelenggaran makan rumah sakit. Sedangkan untuk mencapai kompetensi di bidang gizi masyarakat dilakukan di puskesmas, sekolah, panti dan pusat-pusat kebugaran, klub olahraga, serta katering dan rumah makan yang digunakan untuk mencapai kompetensi bidang menajemen sistem penyelenggaraan makanan.

Dengan demikian jelas bahwa profesi gizi tidak hanya ditemui di rumah sakit. Profesi gizi tidak hanya menangani orang yang sakit, orang yang sehat pun juga dapat ditangani oleh profesi gizi. Seperti contohnya di pusat kebugaran (fitness centre). Dalam benak kita pasti akan terbayang, bahwa orang-orang yang datang ke pusat kebugaran adalah orang-orang yang sehat. Sehat dalam arti sangat berbeda dengan pasien di rumah sakit yang tergeletak lemas tak berdaya,ditambah dengan masalah bahwa sebagian besar dari mereka memiliki nafsu makan yang menurun drastis.

Nah, inilah tantangannya,,,,karena ternyata di pusat kebugaran tidak hanya ditemui orang yang benar-benar sehat, namun juga akan ditemui banyak masalah gizi, seperti yang terjadi di KARTIKA DEWI fitness centre, salah satu pusat kebugaran terkemuka di kota Jokja, yang menjadi salah satu lahan praktek pendidikan profesi gizi Fakultas Kedokteran UGM.  Masalah gizi sendiri diartikan sebagai suatu masalah / problem yang berhubungan dengan gizi, yang bisa dilihat dari sudut pandang pola makan / riwayat kebiasaan makan,  hasil pemeriksaan fisik dan klinik, serta perilaku atau lingkungan di sekitar orang tersebut.
 
  Menyadari akan adanya tantangan tersebut, sebagai pusat kebugaran terkemuka, KARTIKA DEWI fitness centre tidak hanya menyediakan fasilitas / peralatan kebugaran, namun juga menyediakan layanan kesehatan berupa konsultasi dokter dan ahli gizi secara cuma-cuma bagi para anggotanya. Namun fasilitas ekstra ini tidak didapatkan setiap hari, karena hanya didapati pada waktu-waktu tertentu. Oleh karena itu, menjalin kerjasama dengan program studi Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM sebagai salah satu lahan praktek pendidikan profesi gizi, adalah langkah tepat yang ternyata saling menguntungkan. KARTIKA DEWI dapat memberikan pelayanan dan fasilitas yang semakin baik bagi para anggotanya, sedangkan mahasiswa profesi gizi dapat semakin meningkatkan pengalaman dan ketrampilan sebagai seorang ahli gizi professional. 

Anda ingin mengetahui bagaimana suasana dan kiprah mahasiswa profesi gizi FK UGM selama melaksanakan praktek di KARTIKA DEWI fitness centre?
Lihat foto :

         

Sebagian besar masalah gizi yang ditemui masalah kelebihan berat badan. Sebagian anggota / member  sengaja datang ke KARTIKA DEWI fitness centre untuk membantu menurunkan berat badan. Kelebihan berat badan inilah salah satu pemicu timbulnya penyakit degeneratif, seperti yang telah disebutkan pada awal tulisan ini. Program penurunan berat badan yang baik, tentu tidak hanya cukup dengan olahraga, namun juga dengan pengaturan makan yang sesuai. Inilah yang banyak tidak disadari oleh sebagian besar masyarakat, demikian pula dengan para member di KARTIKA DEWI fitness centre. Banyak yang ingin langsing atau kurus  kemudian menghindari makan nasi, tidak pernah sarapan dan makan malam, tidak makan daging, hanya makan buah dan sayur sepanjang hari, bahkan ada yang mengikuti tips atau diet populer (yang menurut sebagian member terasa cukup menyiksa), atau dengan mengkonsumsi berbagai jenis suplemen buatan luar negeri / multi level marketing. Cara-cara seperti ini sebenarnya bukanlah cara yang tepat, dan peran kita sebagai ahli gizi professional sangat diperlukan dalam hal ini.

Selain itu, tidak sedikit pula member yang ingin menaikkan berat badan dengan membentuk massa otot, atau hanya sekedar bertanya mengenai bagaimana cara mempertahankan berat badan stabil, bertanya mengenai keamanan suplemen atau susu yang mereka konsumsi, atau hanya sekedar bertanya mengenai isu-isu diet populer yang banyak berkembang akhir-akhir ini. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya masyarakat mulai memperhatikan kesehatan mereka, terutama dari segi kebutuhan pokok mereka, yaitu makanan dan minuman yang mereka konsumsi sehari-hari.

Berarti ini merupakan suatu peluang untuk makin memajukan profesi gizi.  Di mana masyarakat semakin peduli dan semakin membutuhkan informasi yang mereka butuhkan seputar kesehatan, khususnya hal-hal yang berkaitan dengan gizi. Ini baru merupakan salah satu contoh, karena di tempat lain, di lahan praktek profesi gizi lainnya (baik di rumah sakit, catering atau Puskesmas), keberadaan profesi gizi tidaklah dapat lagi dipandang sebelah mata. Mereka yang sebelumnya tidak pernah mengenal profesi gizi, akan mengetahui profesi kita yang sesungguhnya dengan disertai kemampuan dan kompetensi yang dimiliki.

Tapi itu semua tergantung diri kita sendiri. Yang dapat memajukan profesi gizi adalah orang-orang yang memiliki profesi gizi itu sendiri. Sekarang pendidikan ilmu gizi sudah setara dengan profesi di bidang kesehatan lainnya. Jadi kita tidak perlu merasa minder atau rendah diri, karena tiap profesi itu memiliki kompetensi sendiri yang tidak dimiliki oleh profesi lainnya. Jadi…sudah saatnya profesi gizi mendunia !!!

Salam sejawat,
SITA UTAMI B, S.Gz

69 Responses

  1. k,baru tau aku kak sita nge-blog…
    kok ga pernah cerita si ka?hehe

    keren ka…
    bagus2…semangat ka…kita harus terus memperjuangkan profesi kita..hidup kelompok E (edan or expert?)

  2. he2…cuma iseng yg tersalurkan su…

  3. mba, saya mahasiswa S1 gizi masyarakat IPB, saya tertarik dengan pendidikan profesi gizi yang mirip ko-as nya kedokteran. apa itu sama dengan RD?? trus terbuka untuk umum ga??

  4. ehm..kalo di gizi masyarakat IPB gelarnya apa ya? kalo di s1 gizi kesehatan FK UGM kan dapet gelarnya S.Gz,,,dan pendidikan profesi gizi (dietetic internship) di FK UGM alias kayak ko-ass nya anak kedokteran itu hanya boleh diikuti alumni gizi dengan gelar S.Gz…begitu. Jadi terbuka untuk umum yg penting punya titel S.Gz,,,jadi ga hanya untuk lulusan UGM aja, karena sementara ini yg punya pendidikan profesi gizi ya baru FK UGM. Pendidikan profesi gizi ini ya RD itu dek utie…untuk informasi lebih lanjut, coba dek utie klik http://www.gizikesehatan.ugm.ac.id. Semoga bisa membantu dan selamat bergabung sebagai calon RD !

  5. Ass.mba Sita…. Salam Kenal… Perkenalkan saya mahasiswi FKIK prodi KesMasy dengan Peminatan Gizi di universitas negeri yg berada di JKT. Secara tak sengaja saya menemukan blog ini pada saat mencari lebih dalam (laut kali yach…) tentang jurusan kuliah saya. Mungkin lebih tepatnya “gamblang” githu…tak tau mau mau disalurkan jadi apa ilmu yg didapat ini. he… Klo di kampus tempat saya kuliah ini, gelar untuk prodi KesMas nya… SKM, saya jadi Pingin tau pengalamannya mba Sita yg lebih concern di bidang gizi nich. … Saya juga niatnya setelah seesai menempuh S1 mo melanjutkan pendidikan yg lebih concern ke bidang gizi. Mohon bantuannya…. Thanks…

  6. wlkmslsm rasvi…wah sebelumnya selamat ya,,udah ketrima di universitas negeri. FKIK mana,,UI ya? wah aku jg ga gt ngerti tu ttg SKM. setauku justru dulu sebelum ada S1 gizi,,temen2 yg dari D3 mo nempuh S1nya ambil SKM,,,jd mungkin kayak dek rasvi gitu mungkin ya,,,peminatan di gizi. Jadi lapangan kerjanya kira2 kemana ya? ehm,,,tp kalo aku sempet liat2 di internet jg,,SKM tu banyak dibutuhkan di perusahaan2 di bagian occupational health,semacem K3 gt mungkin,,,tp kalo peminatan di gizi mungkin kurang tepat jg kali ya…
    sedangkan kalo S1 gizi (sekarang jg udah ada profesi mirip koassnya temen2 dokter itu) lebih spefisik kearah gizi klinik, gizi masyarakat (ya mungkin nyrempet2 SKM gt), sama gizi penyelenggaraan makanan (jasa boga). jadi emang yg dipelajari ketiganya itu,,,tp porsi tetep lebih banyak ke gizi klinik. jadi lapangan kerjanya ya di 3 bidang itu. contoh yg pernah aku jalani,,,tu ya praktek kerja di rumah sakit, dimana sebagai profesi gizi kita menempatkan diri sebagai profesi sejajar dengan dokter (bukan dibawah dokter),,berdiskusi ttg perkembangan kesehatan pasien di bangsal perawatan,trs nanti gimana ditentukan langkah2nya,,biar diet dan pengobatannya sinkron,,,kita juga bisa bekerja sesuai kompetensi masing2. Kalo di gizi masyarakat,,,kita ke Puskesmas2 gt,,ya screening gizi,,penyuluhan,,bahkan melayani konsultasi gizi di poli gizi Puskesmas jg. selain itu jg ke fitness centre (kayak artikel yg aku tulis itu), trs ke klub olahraga (misal kayak PSIM) gt untuk bantu asupan para atlet…Trs kalo di gizi penyelenggaraan makanan,,,kita ke katering / restoran,,belajar mulai dari perencanaan sampai pemasaran,,termasuk didalamnya HACCP,dsb. ya kalo aku si ngliatnya lebih ke peluang untuk belajar wirausaha di bidang industri makan….
    Tapi emang saat ini profesi gizi tu belum begitu dikenal publik,,,bahkan dari pemerintah sendiri,dalam hal ini dinkes misalnya,masih jarang banget ada formasi untuk S1 gizi,,,kebanyakan yg dicari masih D3 gizi. nah karena aku ni angkatan pertama S1 gizi se-Indonesia (yg reguler lho,,,yg dari SMU fresh, bukan dari ekstensi D3 gizi),,,nah ini tantangan juga untuk mengenalkan apa tho profesi gizi itu,,,jadi intinya emang sekarang profesi ini belum ngetrend banget, meski kalo di koran2 ato di tivi2 kita jg sering banget liat berita ttg gizi buruk,,,menyedihkan banget memang…
    Jadi ya,,,saranku,,tekuni aja dulu apa yg adek jalani sekarang,,insyaALLAH bakal ada jalannya nanti. sebagai informasi,,,nempuh S2 di luar negeri tu banyak lho peluangnya,,misal kayak di Australia. Justru di luar negeri tu profesi gizi udah mulai sangat dihargai seiring dengan semakin meningkanya trend penyakit degeneratif…
    gitu aja ya,,,semoga bisa membantu. salam kenal balik
    wass

  7. assalamualaikum mbak sita.
    aku skrg kelas 3 sma. Lagi bingung nih cari jurusan yg pas. Kalo di gizkes tuh prospek kerjanya apa aja yah? Truz enak gak kuliahnya? Jawab ya, mbak. Lam kenal.

  8. waalaikumsalam nina…
    waduh,,bentar lagi UAN ya..jgn lupa belajar yg rajin ya,sama berdoa semoga diberi yang terbaik oleh ALLAH,,,amiin.
    ehm…kalo S-1 gizi tu sebenernya (ni kalo menurutku lho ya) lapangan kerjanya luas banget…cm sayang,,masyarakat kita ato perusahaan/instansi udah lebih kenal&familiar dgn D3 gizi ato s1 kesehatan masyarakat,,,jd ya kesannya jd sempit lapangan kerjanya..
    ibaratnya gini,,kalo profesi dokter kan dr dulu (sejak sebelum kita lahir malah) udah dikenal,,jd skrg profesi itu udah lazim bgt,dimana2 ada,dimana2 dibutuhin,,,Nah kalo profesi gizi???aku aja angkatan pertama (2003) dr yg reguler (dr SMU,bkn lanjutan ekstensi dr D3 gizi), jd nina bayangin aja masih berapa lulusan s1 gizi,,masih dikit kan? oleh karena itu,,ditangan para lulusan s1 gizi – lah bagaimana prospek s1 gizi ini akan berkembang,,istilahnya ya lagi ngebangun gt,blm dapet enaknya…
    jd intinya,,,ya emang belum banyak lapangan kerja yg terbuka buat s-1 gizi (saat ini lho ya) tp aku si yakin aja, ya paling maksimal 10 th ke depan,akan banyak yg semakin membutuhkan profesi gizi..contohnya di RS, pusat kebugaran,tim2/kontingen olahraga,perusahaan/industri makanan,hotel, rumah makan,restoran,katering,,dan PNS tentunya!he2.
    nah nina bisa dpt gambaran kan,,kira2 begitu..
    sukses ya buat nina

  9. Assalamualaikum mba’ Sita……
    Salam kenal…….
    Saya alumni poltekkes bjm jurusan gizi dan alhamdulillah sekarang dah gawe d puskesmas.saya mau nanya nich mba’ sita gmn carax kalo mau lanjut k S1 Gizi.rencananya saya mau ikut tahun 2009 apa kalo dari tugas belajar jg ikut test?mohon infonya segera ya…….
    makacih sebelumnya….

    • waalaikumsalam,,,
      salam kenal juga
      ehm,,,kalo tugas belajar kayaknya tetep harus tes deh,cuma kayaknya jg ga seribet kalo tes UM UGM ato SPMB gt (maklum, saya dari jalur reguler/dr SMU soalnya,,jd kurang tau). banyak juga ko rekan-rekan di S1 Gizi yg pada tugas belajar (dan kayaknya malah didominasi dr luar Jawa),,trs sekalian ambil profesi. jadi kira2 mungkin totalnya maksimal3 tahun,,,kan nerusin S1-nya sekitar 1,5 th lebih 3 bulan apa ya (biasanya si pada lancar),trs tar profesinya sekitar 9 bulan…gt mb neny…
      pokoknya yg penting ga pernah ada batas untuk trs menuntut ilmu,,,okey…
      sukses ya

  10. Saya rencananya mau lanjut S1 Gizi d UGM biar sekalian Profesinya.kira2 berapa tahun ya lama study nya?
    d tunggu ya mba’ infonya

  11. asslkm..

    Salam kenal.
    Saya lulusan S1 gizi UNDIP, lulus th 2008. Saya tertarik membaca artikel yang mbak tulis di atas. Memang profesi sebagai ahli gizi saat ini di Indonesia belum begitu diperhatikan oleh masyarakat umum. Saya pernah membaca bahwa standardnya setiap 5 juta penduduk memerlukan 500 ahli gizi. Dilihat dari data tersebut kita tahu bahwa prospek ahli gizi sangat di butuhkan di indonesia. Tetapi sangat ironis bahwa banyak sekali rumah sakit yang membuka lowongan ahli gizi namun hanya mensyaratkan SMK tata boga. Hal itu membuktikan bahwa peran ahli gizi di Indonesia sama sekali belum dikenal. Sangat menyedihkan…

    Bagaimana pendapat mbak sita tentang hal ini??

    Skalian saya mau bertanya berapa biaya kuliah untuk profesi gizi di UGM??

    Terima kasih.

  12. Ass.
    Lam kenal mbak,saya mahasiswi jurusan ilmu gizi. Saya cma pgn tw ja, klo mw ambil profesi dmn ja?pa cma da d ugm?klo d ipb atw d ui yg bru buka jurusan gizi da g?trz apa beda’a gizi kesehatan ma gizi masyarakat?
    Trimz..

  13. hai..mba sita..
    aq jg lg ikut pdidkan S1 gizi (program xtensi) di Universitas swasta d JAkarta. Jurusannya mang baru buka taon 2008, tp mudah2an kualitasnya bagus. Krn dosen2nya emg bkualitas.
    K Sita ud ambil RD d UGM? Susah g y?? Cz kk klas q d Poltekkes Jakarta II jurusan gizi banyak yg ikut program S1 Gizi d UGM, tp mreka g ambil program RD nya..

  14. assalamu’alaikum. .

    salam kenal,
    kuliah ngambil gizi tuh enak g c ?
    pusing g? hehehehe
    bs dijelasin g sebenerny ini tuh bidang ky gmn ?
    prospek ke depanny ?
    soalny masih bingung banget..
    makaci…

  15. assalamu’alaikum

    salam kenal mb…

    mw minta saran donk!!mending ngambil profesi gizi ato S2nya??

    masih belum jelas keuntungan ambil profsi gzi tu apa n lahan kerja ma persaingannya gmn??

    matur nuwun

  16. Assalamualaikm wr.wb
    hai mbak. perkenalkan q alumni S1 gz FKUB. blh komentar dikit ya.. memang benar keberadaan profesi kita gak bisa di pandang sebelah mata, akan tetapi smp saat ni qt memang bukan apa2. sehebat2x qt memberikan therapy nutrisi pd px, terutama di RS,jgnkan dilihat, dilirik ja gak deh kayaknya… qt memang hrs tetap mensosialisasikan profesi kita melalui terapi dan hal pa saja yg bisa qt berikan, jgn smp qt dianggap profesi tanpa kontribusi. semua tergantung kita dan dimulai dari diri kita masing2.amat disayangkan beberapa sejawat kita saat ini yang banyak mengaplikasikan ilmunya di luar bidang gizi, akan tetapi itu suatu pilihan dan ada y benar2 terpaksa, karena wadah yang menyalurkan tenaga gizi sesuai profesinya juga gak ada,kedepan semoga keberadaan profesi qt bisa lebih baik. ya smg ikata Ahli gizinya bisa sekuat IDI atau PPNI. baik di pusat ataupun daerah, biar qt merasa punya rumah tempat kita singgah,.. Hee..hee
    Salam Kolegalitas

  17. assalamualaikum , mbak ..

    whaa .
    mbak anak ilmu gizi UGM yhaa ??

    taund ini aku nyusul yhaa .. x)
    *ke UGM nyaa mxd’a*

    aku mao lulus SMA taun ini *amin* .
    tp aku binund pas taw klu UM UGM thu bisa milih 3 jurusan pas tesnya ..
    *yha gag c ??*

    aku suka bgd mbak ma kimia .
    makanya aku pgn bgd bkecimpung dibidang kimia .
    awalnya aku mao milih tekkim klu gag mipa-kimia .

    eh , trnyata UGM bs 3 pilihan .
    yawda , aku malah jd binund 1 lagi mao pilih apa .

    awalnya aku mao pilih tek. geodesi .
    tp kayanya beradd .. xP
    trus tek. nuklir ..
    jg passing grade nya gag beda jauh ma tekkim .

    eh , aku malah jd kepikiran pgn ambil ilmu gizi .
    kayanya asyik .
    hhihii .. xDD

    tp aku td’a masii binund ma lahan kerjanya .
    tp disini dijelaskan dg jelas .. x)

    whaa .
    emg yhaa .
    suatu profesi gag akan sukses klu emg bkn kita sendiri yg mbuadnya jd sukses .. xP

    hhohoo .

    uia , mbak .
    doain aku yhaa !
    moga taund ini .
    pas aku ikud UM UGM .
    1 bln kemudian , diumumin klu aku DITERIMA DI UGM .. X)
    aminaminamin ..

    doain juga aku LULUS UN ..
    hhihii .. xP

    makasii mbak .. =)

  18. salam kenal mb…
    ak mhsiswa gizi ugm angk 2007. ni khan msh semester 4, tp ak dah ada rencana untuk ngambil profesi. nah menurut mb, enaknya kerja dulu atau langsung profesi.?kira2 lap pkerjaan lebih bnyak yg butuh s1 gizi aja atau dietitian?
    Trus kalo boleh tau, mbah sita sekarang kerja di mana? minta saran donk mb, enaknya kerja di masyarakat, RS, atau industri boga…..??
    aku tunggu balesannya y mb….
    maksih ya mbak….

    • salam kenal jg
      wah masih semangat2nya kuliah ya,,,ya emg hrs semangat tu,,tar kalo udah lulus,susah cari kerjanya,he2
      becanda ding…
      ehm,,aku si selalu dukung yg mau ikut profesi. kalo bagi aku yg udah ikut profesi,,,ga cm gelar aja yg penting,,tp pengalamannya itu yg cukup luar biasa. jadi intinya ga nyesel sm skali ikut profesi,kamu bs belajar banyak disitu. bukan cm belajar ilmu gizi,tp banyak hal.suer…
      kalo suruh milih,aku suka gizi klinik,,,ya enak aja,,kayaknya kalo ke klinis wawasannya selalu tambah luas,,ada aja penelitian terbaru,ilmu2 baru,,gt.
      meski sekarang aku kerjanya jg ga kesitu2 banget arahnya. aku sekarang kerja di POCARI SWEAT,,ya lumayan enaklah
      selamat belajar ya
      semoga sukses

  19. ok2 makasih y mb bwt sarannya…. doain mg2 ak jg iktan sukses kyk mb…
    smangad y mb kerjanya!!!!

  20. siittt…i miss uuuuuuuu buanget..boleh ne konsul gizi..sit,i need ur phone plisssssss…

  21. assalamualaikum mba….
    salam kenal
    saya mw tanya ni mba, saya punya keponakan usia 16 bulan, tapi sampai sekarang hanya bisa makan goodmeal beras merah (untuk anak alergi) sehari 3 kali masing2 4-5 sdteh kadng klu ada suka dicampur sama sayuran di dlm bubur beras merahnya, dan snacknya air jeruk manis. dia ada alergi saran dokter menghindari kacang tanah, tomat. Anak ini juga belum dikenalkan susu formula karena sang ibu takut alergi, dahulu sewaktu sang ibu meminum susu kedelai dan keponakan saya menyusu dia langsung timbul alergi. saran dokter menghindari makanan2 tsb sampai dengan usia 1 thn setengah.
    BBnya saat ini 9 kg, bila makanan yang sedikit kasar dia langsung muntah, jadi buah pun harus sarinya bila ada yang sedikit kasar dimakan maka dia langsung muntah. bagaimana saran mb sita? bgmn pengaturan makan yang baik dan benar?apakah yang dia makan telah mencukupi?
    terima kasih atas saran nya ya mba
    salam
    wasalamualikum

  22. Mba Sita saya mau masuk RD UGM ternyata yang diterima hanya lulusan dari UGM saja, apakah UGM memang tidak menerima lulusan gizi dari universitas lain ?

  23. alhamdulillah, aq keterima di gizkes UGM… mudah2an ke depan bisa lancar. Amiin

  24. assalamu’alaikum wr wb…
    mba,aq mw tny skg ini aq kuliah di gzi poltekes jkt ll
    & dstu programnya D3,aq rencana mw ambil S1 jg…
    tp aq bingung ni mba,bs atw gk???
    krn kan aq jalurnya beda,dr D3… cz ktnya itu jd ky potong jalur gt…???
    mohon penjelasannya y mbaaa…
    syukrooonn…

  25. waalaikum salam semua…
    selamat ya yg udah pada masuk gizi di ugm. maaf banget saya lama ga update krn emg lagi sibuk banget
    kalo utk info masuk gizi UGM, setauku sekarang udah ga dibuka jalur yg dari d3 ke S1, tp ga tau juga si,,,he2
    sebaiknya langsung aja masuk ke webnya gizi UGM biar lebih jelas
    oke…
    thanks atas commentnya semua
    ada yg belum bs aku jawab krn masih repo…
    tar next time ya
    salam kenal….

  26. kak mau tanya,,,kalau nanti ahli gizi itu kerjanya dimana aja???
    terus kalau jadi konsultan gizi kerjanya di mana aja?
    konsultan gizi itu kaya psikolog ya,tapi cuma ngurusin tentang gizi?
    saya pengen jadi konsultan gizi tapi kurang tau detilnya gimana…
    tolong jawab ya ka…via email ja..makasih sebelumnya ka….

  27. Aslm mba’.. Saya tamatan D3 Gizi Poltekkes Padang. Sy ada rncn nyambung kul k S1 thn ini, tp sy bingung mo ambil jur apa.. Kasih saran dunk mba.. Mkasih y..

  28. Mbak Sita aku mau nanya-nanya seputar pentingnya multivitamin buat anak n remaja boleh nggak? kalo boleh aku bisa ngontak mbak dimana ya?
    Please…
    atau mbak ada kenalan yang bisa aku tanyai mungkin:)
    balas ya mbak maturnuwun

  29. assalamualaikum wr.wb

    salam kenal mbak,
    gini, aku diterima ilmu gizi undip jalur SNMPTN. yang jadi masalah aku gak tau sama sekali apa yang dimaksud ilmu gizi,pokoknya smua menyangkut ilmu gizi.. sebenarnya aku bingung banget mbak, enaknya diambil ato gak y? aku sih minat gak minat. soalnya aku gak ada pengetahuan tentang ilmu gizi sama sekali.. prospek ke depan juga gitu gak tw sm sekali. trus ada tes CPNS profesi ilmugizi gak y? soalnya ibuku pengen, aku jadi pegawai negeri.

    mbak,tolong balasnya cepat y? soale aku butuh banget. makasih…

    • dear Dela,

      Selamat ya yg udah keterima SNMPTN…ya yakini aja apa yg jadi pilihan Dela. Kalo jadi PNS basic gizi si kebanyakan di RS ato di Dinas/Departemen KEsehatan. Tapi ada juga ko temenku yg ketrima PNS di BPOM ato di BPPT, tp emang ga banyak si. Kebanyakan CPNS di bidang gizi (utk RS) banyak yg dicari masih D3 sekarang2 ini, tapi ga tau juga beberapa tahun ke depan. Ya semoga aja profesi gizi bisa semakin diakui…coz aku juga kerja ga di PNS,,tp pengen juga. Ya dinikmati dulu aja deh,,,rejekin katanya udah ditentuin sama Tuhan, tinggal kita aja gimana ikhtiarnya…okeh..
      Sukses ya,,semangat2

  30. Lam kenal mbak,
    ak hesty mahasiswa ilmu gizi UI 08..
    Aku angkatan pertama ilmu gizi lo mbak di UI..
    Sebelumnya di UI, gizi itu cuma peminatan dari kes.masyarakat doang..

    Ak mau tanya dong mbak,
    di dunia kerja, apa bener profesi ahli gizi itu masih di pandang sebelah mata?
    Org2 lebih percaya dgn dokter gizi drpd ahli gizi??
    Aku merasa ahli gizi itu kaya masih ga jelas gitu..
    Trus, ahli gizi itu profesi yg menjanjikan atau ga sih mbak?

    Tolong di jawab ya mbakk..
    Makasih..

  31. Assalammu alaikum.

    salam kenal kak,,
    aku mo nanya dong.
    aku lgi proses PMDK di IPB.
    trus aku mau ngambil ILMU GIZI.
    kira” bagus gag sih peluang kerja’a ??
    please .. penting.
    makasih.

  32. assalamu’alaikum mbk….
    saya insyaAllah mau ikut UM UGM taun ini ngambil Gizi Masyarakat , gimana mbk soal biaya masuknya? kira – kira uang sumbanganya berapa ya? hehehe, mohon di jawab ya mbk, di email saya juga gpp :D

  33. ASSalamu’alaikum mba’….

    knalin nma aq nanda….. Insya Allah tahun ini lulus SMA…

    amien…

    Rncananya q mau ambil GIZI UGM itu pilhan prtama… trus

    keduanya TPHP…kok ktanya TPHP n GIZI ada kmiripan gt yya

    mbak? dari sudut ap mbak kesamaannya?

    Q udh bca smua respon mba’ k tmend2 d atas…. apa bner

    Ahli Gizi yang di Rumah Sakit2 gt yang dbthin mlah D3??

    brarti yang di poltekes2 gt lbih dutamain mbak??

  34. Assalamuallaikum mba Sita..sebelumnya salam kenal ya..nama aku yeni,tahun ini aku baru naik kls 3,rencananya aku mau masuk gizi di IPB,,trus aku minta tolong dong mba,klo gizi tuh yg dipelajari apa aja ya?untuk org yg suka ngitung2 gitu2 cocok ga,,makasih ya mba..

  35. assalamualaikum mb sita..
    perkenalkan aku irma.. mbak aq suda mantep pengen masuk ke ilmu gizi ugm (amin) tapi aq orangnya ga suka kimia dan fisika.. di ilmu gizi ada materi kaya gitu ga mbak?
    tolong dibalas yaa, menentukan masa depanku ini.. hhe
    makasih mbak..
    wassalamualaikum wr wb

  36. assalamu’alaykum.
    saya membaca blognya begitu luar biasa..
    cuman saya pernah nanya ke milis gizi ugm katanya belum ada penerimaan s1 gizi dari luar untuk lanjutkan profesi.

    saya mau sekali lanjut profesi, tapi karena info tersebut saya jadinya sedih dan ulurkan niatku.
    tapi sekarang saya sudah lulus PNS dan gelar saya s.gz UH, cuman kebetulan di kantor tempat saya bekerja ada teman dari lulusan S1Gz UGM bilangin belum terakreditasi. jadinya, katanya beliau mendingan lanjut S2. ya akhirnya saya mau lanjut S2 saja karena saya berprofesi sebagai dosen dan lagi berusaha mengembangkan minat masyarakat terhadap gizi.

    mohon do’anya ya..
    dan mohon kabarnya kapan ada penerimaan S2 di UGM khusus MPH atau kalo ada biomedik.

    jazakillah khoyr katsiro.
    salam kenal.
    HIDUP GIZI!

  37. assalamualaikum..

    Sya trtarik masuk gizkes ugm d taun ini mbk,.tp kok agk ragu dg prospek..cz krg pngthuan tntg itu mbaak..slaen tu sy jg trtarik msug d psikologi ugm..kira2 gmna y mbk saran mbk bwt sy??lg bingung buangett ni..pliz help me..

    Mkasi mbak..blz y.

  38. mau nanya nih, ada info kuliah s1 gizi dari d3 ga ?saya mau nyambung kul nih. tolong confirm ke email saya yah.mksih…

  39. mbaaa, aku mau tanya nih..
    kalo kuliah gizi kesehatan di UGM itu apa aja pelajaran yang dipelajarinya?
    insya allah bulan maret aku ikut PBS ugm ambil Gizi Kesehatan UGM mba, mohon doanya supaya aku diterima . Amin :)
    Salam kenal ya mba..

  40. assalamualaikum mbag,,,,

    salam kenal :D

    …Mbang aku masih bingung ne ntar tamat SMA ambil apa….rencananya sih di UGM..

    oyachh…lw jurusan ilmu gizikesehatan tu beda na apa ama ilmu kesehatan masyarakat?

    trus law qta maw tes jurusan ilmu gizi t,,yang kudu kuat pelajaran apanya yachhh mbag,,,,,biar qta lulus tes.nya…….

    mksihh atas jwabannya mbag..

    wassalam…

  41. assalamualaikum..
    mbak, saya mau tanya. Apakah dokter gizi berbeda dengan ahli gizi?
    kalau berbeda, apa perbedaannya?
    syukron..
    wassalam

  42. Assalamualaikum mbaaaaak…. :D
    Aq baru aja naek kelas 3 SMA di jogja.
    InsyaAllah taun 2012 aq bakalan kuliah, mbaaak.

    Mbak, S1 gizi itu yang paling bagus ada di universitas mana ya? Terus, kalo di tingkat Internasional, bgaimana sih peran para ahli gizi? terus fakultas yang bagus di luar negeri itu dimana, mbak? siapa tau mbak tau…

    OH YA, kalo gizi di FK UGM itu mata kuliahnya apa aja ya mbaak? yang paling banyak apa? terus nanti qta pake textbook apa aja? bisa nggak nanti ambil matakuliah tambahan yg gak ada hubungannya sm skali dgn ini, misal sospol gitu… hehehee

    Ohyaa, tadi kan mbak Sita menyarankan untuk lebih ke gizi klinis, karena wawasan qta bakal lebih bertambah, naah, aku pengen tau banyak tentang itu… huhuhuhu, maaaaf mbaak, aku banjir penasaran inii T-T

    haduuuh, maaf ya mbak, aku kog malah jadi memberondong mbak Sita pertanyaan… sekali lagi maaf mbaak,,,
    Sebenernya, Mungkin aku bakal nanya lagi ke mbaak, mungkin lebih banyak. Jadi bolehkah aku minta e-mail nya mbak Sita? Atau e-mailnya kenalan mbak sita yg bisa ku curahi banjir pertanyaan2 ku….

    waah, ya udah lah mbak, aku makasih bannnyak buat mbak Sita, semoga karir mbak lancar,
    doain aku ya mbak, supaya taun ini aku bisa kuliah S1 di jurusan yang aku pengenin…. sekali lagi, makasih mbak…
    Wassalamualaikum ……

  43. assalammualaikum,wr.wb mbk…
    slm knl ya mbk sita,,aq mahasiswi gizi di semarang n sekarang udh semester 5..
    aq mw tx mbk kalo wik mw ambil profesi tu brapa lama ya ?mnurut mbk lbh baik ambil profesi ato ngelnjutin ke S2 ?
    wik pngenx jdi dokter mbk apa bsa ya lok ntr dh S1 gizi lnjutin ke dokterx ??

  44. mba aku mau tanya dong ba.aku tinggal di tangerang sekarang aku kls xii .aku mau ngambil jurusan ahli gizi trs aku mau kuliah dijakarta ,mba tau engga fakultas yg bgs buat ahli gizi di jakarta .trs prospeknya kerjanya dimana ya mba? please mba bls aku lg galau nih ba.trs jg emgnya kesehatan masyarakat itu sama gk ba kyk ahli gizi ?

  45. assalamu’alaikum,,mbaa,,mw nanya, UGM nerima ga S.gz Universitas lain selain UGM untuk mw ambil Profesi disitu?

  46. asslamualaikum mbak…. alhamdulillah saya lulus gizi kesehatan UGM tahun ini. selama kuliah kesulitan apa ajah yang mbak hadapi?

  47. assalmualaikum..mbak ..mau tnya..
    aq ktrima di d3 gizi poltkkes negri sby..tapi aku masih ragu sm masa depan dan lapangn pkerjaannya..ada yg bilg eman soale cm d3 bkn s1..
    mohon sarannya :)
    trims

    • Hai kak saya mau nanya seputar ilmu gizi nih, brdsrkan artikel kakak diatas, yg bisa setara berprofesi sbg ko-ass nya dokter emg cuma di UGM aja apa ngga? Soalnya saya rencana mau ambil ilmu gizi di UI. Tolong informasi nya ya

  48. mbak mbak ada email yang bisa dihubungi nggak mbak? pengen nanya nanya nih mbak :D

  49. Halloo salam kenal,
    Saya juga mahasiswa ahli gizi (Bachelor of Science in Human Nutrition Sciences- Bsc. HNS) di Canada, saya ambil jurusan yg dietetic preparation. Di Canada sendiri buat dapetin dietetic internshipnya aja susah banget, dan jangka waktu internship nya itu 1 tahun, tidak dibayar pula. Dan setelah menyelesaikan internship, wajib ambil ujian nasional lagi untuk mendapatkan license Registered Dietitian. Setelah semua proses dilalui, barulah mereka resmi mempunyai title RD dan bisa bekerja di rumah sakit, etc

    Iseng-iseng cari prospek ahli gizi di Indonesia bagaimana, dan seperti mbak bilang ternyata di UGM ada program Registered Dietitian (RD). Apakah program itu sama seperti yang di Canada, dimana mahasiswanya harus mencari Dietetic Internship dan bekerja tidak di bayar. Tolong diberi tahu informasi yang lebih lanjut, karena saya mencoba membuka website UGM, informasi nya kurang jelas.

    Pertanyaan lagi, bagaimana kah prospek kerja ahli gizi di Indonesia? Memang saya sering membaca bahwa Indonesia masih mengalami gizi yang buruk. Keiinginan saya untuk balik ke tanah air untuk membantu meningkatkan gizi buruk di Indonesia.

    Apakah sarjana ahli gizi di Indonesia itu termasuk di fakultas kedokteran ? apakah dengan sarjana ahli gizi bisa langsung kerja di rumah sakit ?

    Terima kasih,

  50. Any info untuk biaya RD d UGM? Dan cr registrasi nya? Saya lulusan jurusan s1 gizi fak pertanian ipb, bergelar Sarjana pertanian. Tks

  51. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    mbak, aku rencananya habis lulus SMA mau ngambil jurusan Ilmu Gizi. menurut mbak Universitas yg bagus untuk ngmbil jurusan itu dmna yah.? tlng di bantu ya mbak
    trims :)

  52. apa setiap masuk jurusan gizi harus bisa masak? hehe bagaimana dgn yg tidakk? terima kasih :)

  53. mbak,masih ada tidak S-1 Gizi yg dari D-3…..terus kalau mau daftar link nya apa ? makasih Bambang Nutrisionis RSUD Kayen Pati.

  54. Assalamu’alaikum
    Wr.Wb

    Salam Kenal… Perkenalkan saya mahasiswi Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat. Insya Allah ada rencana lanjut S2. Klau mau lanjut di Luar negri bagusnya di universitas mana dan jurusan apa ya yang bisa nyambung dengan jurusanQ yang sebelumnya ?

  55. Assalmu’alaikum….

    Salam kenal….saya Irma mahasiswi S1 Gizi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Insyallah lulus S1 th 2014, saya berkeinginan untuk lanjut Profesi Gizi. Saya mau tanya informasi untuk profesi gizi di UGM.
    terimakasih…

  56. Assalamualikum..
    keren.kak..
    Sya minat bnget k.Ugm.tambah juruan.ahli.gizi..
    Kak.bisa.Sharing lebih.lanjut sama.kaka.gak.?
    soalnya saya lagi Bingung buat penjursan.nanti mau kmna..
    mdhan” sharing sama kaka.ada titik.terang ya..
    Maksih yah kak sblumnya..:-)

  57. Assalamualaikum.
    Wah keren bgt artikelnya. Dan, berhasil buat sy galau menentukan jurusan :D
    Mba, sy blh minta alamat email atau nama akun fb atau username twitter? Sy butuh pencerahan mengenai prodi ini. Mohon bantuannya ya mba. Email sy dilampirkan disini. Terimakasih banyak mba sblmnya. Maaf jika merepotkan. Sukses trs ya :)

  58. salam kenal :)
    mau tanya dong kak, kalau dari jurusan D4 Gizi mau lanjut S2 Gizi Klinik UGM bisa nggak kak?
    makasih,mohon balasannya

    ayu

  59. Assalamu’alaikum kak…
    salam kenal,,, mau nanya neh kak, skrg kn aku kuliahnya di UNHAS prodi ilmu gizi (kalo lulus jd S.Gz,,aamiin), tp dsni gizi masyarakat bisa gk kalo lanjut d UGM S2 gizi klinik?
    trus bgusan mana kak ngambil profesi dlu ato lanjut S2??
    mohon balasan.a kak. makasih..

    Anty

  60. Assalamualaikum kak,,
    aku mau tanya kalau ilmu gizi itu menjelaskan tentang apa saja kak. Susah gak kak belajar ilmu gizi itu

  61. Salam kenal,

    Saya mau nanya benarkah telur asin Bebek itu kandungan kalsiumnya tinggi? Apa bisa kalo kemudian telur asin itu kita brandingkan atau kenalkan sebagai telur kalsium? Berguna untuk memperkuat tulang (anak-anak) dan osteoporesis (orang tua)?

  62. assalamualaikum mba.. saya dari ilmu gizi univ esa unggul mengambil S1
    saya tertarik mba dgn profesi ilmu gizi.. saya mau tanya kira2 dari swasta bisa gk lanjutin profesi di UGM ? dan kira2 berapa lama pendidikan profesi itu dan berapa semester ? terima kasih sebelumnya :)

  63. asslmkum Mbak Sita, maaf mau tanya kalau yang sarjana gizi bukan lulusan UGM gimna y caranya mau ikut RD di UGM?

  64. Assalamualaikum,,,
    mbak mau nanya nih,kalau dari Sarjana kesehatan masyarakat(SKM) jurusan gizi apakah bisa melanjutkan ke kedokteran mba??seandainya bisa,kira2 brpa tahun ya mba?

  65. Kaka aq kan sekarang ambil jurusan ilmu gizi,tapi lagi bingung kedepannya mau kerjanya dimana ka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: